NEGARA GAGAL CIPTAKAN LAPANGAN KERJA UNTUK GENERASI


NEGARA GAGAL CIPTAKAN LAPANGAN KERJA UNTUK GENERASI

Oleh : Lina 

(Muslimah Brebes) 

 

 

Memiliki jumlah penduduk produktif di Indonesia, bukan berarti menjadi berita gembira bagi para generasi muda khususnya Gen-Z. Yang ada, mereka tengah dihadapkan dengan situasi dan kondisi sulit di negerinya sendiri. Yakni sulitnya mendapatkan pekerjaan.

 

Di kutip dari kompas.com 24/5/2024, Badan Pusat Statistik mengungkapkan bahwa hampir 10 juta gen-Z berusia 15-24 tahun menjadi pengangguran, tanpa kegiatan dan sebagian besar pengangguran ini rata-rata Baru lulus SMA atau perguruan tinggi.

 

Menurut BPS, kondisi ini terjadi akibat adanya tren penurunan penciptaan lapangan kerja di sektor formal. Dari yang awalnya mampu menyerap 15,6 juta orang di tahun 2009-2014, kini hanya mampu menyerap 2 juta orang saja di tahun 2019-2024. Ini menggambarkan bahwasanya begitu sulit mencari pekerjaan di Indonesia saat ini.

 

Kegagalan negara dalam menciptakan lapangan kerja bagi generasi muda adalah akibat dari diterapkannya sistem kapitalisme.

Di mana negara justru memberikan peluang bagi tenaga kerja asing dengan jumlah yang tak sedikit. Sebagaimana diungkap oleh databoks.katadata.co.id 26/7/2023, bahwasanya di tahun 2023 ada sekitar 73.011 tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia. Yang bekerja di sektor jasa, pertanian dan maritim.

 

Kebijakan tenaga kerja asing yang di perbolehkan masuk ke perusahaan-perusahaan di dalam negeri, telah mengikis kesempatan bagi perkembangan potensi generasi muda di negeri ini.

 

Sementara mahalnya biaya pendidikan, membuat mereka yang kurang mampu harus puas dengan menjadi buruh yang mampu memenuhi kebutuhan dasar hidup mereka. Karena tidak mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.

 

Beginilah kondisi generasi muda dalam naungan sistem kapitalisme, mereka dibiarkan berjuang sendiri, dan harus bersaing dengan tenaga kerja asing.

 

Berbeda dengan generasi muda dalam naungan sistem Islam. Maka Islam sangat memperhatikan pendidikan, dan pemenuhan hajat hidup warganya. Islam menjadikan pendidikan sebagai benteng peradabannya, memberikan dukungan penuh dan ruang bagi siapapun yang ingin mengembangkan atau pengetahuan dan teknologi.

 

Pemerintahan dalam Islam juga mendidik warganya agar memiliki semangat ruhiyah yang lahir dari kesadaran aqiqah Islam.

Menjadikan orientasi amal salih dan ridho Allah bagi generasi muda, baik dalam pendidikan ataupun dalam bekerja.

 

Negara akan bertanggung jawab penuh dalam menyediakan pekerjaan bagi para laki laki, Rasulullah saw. bersabda dalam riwayat Bukhari, ‘Imam adalah pemimpin yang akan diminta pertanggungjawaban atas rakyatnya.’

 

Wallahu a’lam bishshawab



from Suara Inqilabi https://ift.tt/MTB4vZg
June 13, 2024 at 05:29AM

Belum ada Komentar untuk "NEGARA GAGAL CIPTAKAN LAPANGAN KERJA UNTUK GENERASI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel