Kebutuhan Papan dalam Islam


Kebutuhan Papan dalam Islam
Oleh Eviyanti
Pendidik Generasi dan Pegiat Literasi

Kebutuhan papan adalah tempat tinggal atau rumah yang dibutuhkan oleh manusia agar terlindungi dari hujan, panas, angin, udara dingin, binatang buas, pencuri dan lain sebagainya. Papan juga dapat bekerja sebagai penunjuk sosial. Seperti orang yang tinggal di apartemen atau rumah mewah, maka status sosialnya pun berbeda dengan orang yang tinggal di rumah yang sederhana atau kos-kosan. Walaupun dalam Islam tidak membutuhkan suatu kesosialan atau derajat, yang penting semua kebutuhan terpenuhi dari sandangnya, pangannya, dan papannya.

Namun saat ini, memiliki rumah menjadi impian yang sulit dicapai, terlebih untuk rakyat golongan menengah ke bawah. Seperti yang dikutip oleh media online Bisnis.com, hari Selasa (20/02/2024), Harga rumah di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal itu sebagaimana tercermin dari laporan indeks harga properti residensial (IHPR) yang mencatat pada kuartal IV/2023 harga properti melonjak 1,74% dibandingkan dengan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Hari ini rumah makin mahal, makin jauh dari jangkauan rakyat miskin. Di sisi lain program rumah murah pun nyatanya tidak berhasil memenuhi kebutuhan hunian ideal bagi rakyat. Ditambah fenomena sekarang yang dikenal dengan istilah “Homeless Millenial Generation,” yakni julukan yang memiliki makna sulitnya membeli rumah lantaran harga rumah yang membumbung tinggi.

Mahalnya rumah disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya, ketersediaan lahan yang makin terbatas, bahan bangunan yang makin mahal, infrastruktur dan fasilitas kota yang berkembang, faktor psikologis, pertumbuhan populasi, serta pertumbuhan ekonomi yang naik akibat penerapan sistem ekonomi kapitalis, di mana SDA dikelola oleh individu/perusahaan swasta dan bukan oleh negara, belum lagi pendapatan/gaji rakyat yang kecil atau di bawah upah minimun regional. Alhasil, mereka bukan tidak ingin membeli rumah, tetapi tidak mampu untuk membelinya. Untuk bisa bertahan hidup dengan pemenuhan sandang dan pangan seadanya pun sudah sangat bersyukur.

Penerapan sistem ekonomi kapitalis yang saat ini diterapkan oleh pemerintah, telah nyata menyengsarakan rakyat kecil. Yang kaya makin meraja, yang miskin makin sengsara, inilah gambaran negeri kapitalisme yang menjadi sumber segala persoalan hidup.

Sebagaimana dalam Islam rumah/papan adalah satu kebutuhan pokok/dasar yang pemenuhannya dijamin negara, serta pengadaannya dengan berbagai mekanisme yang ditetapkan syarak. Dengan demikian setiap keluarga akan memiliki tempat tinggal yang nyaman dan sehat.

Islam adalah agama sempurna, yang mengatur segala permasalahan beserta solusinya termasuk mengatasi permasalahan tempat tinggal. Dalam Islam ada beberapa hal yang akan dilakukan antara lain:

Pertama, Islam mewajibkan setiap laki-laki bekerja. Negara akan menyediakan lapangan pekerjaan, baik dengan membuka lapangan pekerjaan baru, memberikan lahan untuk diolah, atau memberikan modal usaha. Dengan begitu masyarakat bisa memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Kedua, apabila ada rakyat yang tidak mampu bekerja karena alasan syar’i, sudah menjadi kewajiban keluarganya dengan membantu memberikan tempat tinggal, pakaian, hingga makanan.

Ketiga, jika tahap sebelumnya tidak dapat dilaksanakan, hal itu akan menjadi tanggung jawab negara untuk menyediakan dan memenuhi kebutuhannya.

Negara menerapkan sistem ekonomi Islam, sehingga memiliki sumber dana besar yang mampu memenuhi semua kebutuhan rakyat dengan murah, bahkan gratis termasuk rumah. Maka, kebutuhan papan dalam Islam adalah suatu kebutuhan pokok yang pemenuhannya dijamin oleh negara bagi setiap rakyatnya.

Sungguh penerapan Islam dalam bingkai daulah merupakan kebutuhan yang mendesak. Tidak akan ada istilah Homeless Millenial Generation lagi, apabila Islam diterapkan dalam semua lini kehidupan. Mari kita bersegera tinggalkan sistem yang kufur ini, dan kembali kepada sistem sahih yang berasal dari Allah Swt, yakni sistem Islam yang akan menyejahterakan umat.

Wallahualam bissawab



from Suara Inqilabi https://ift.tt/Nlwib1u
May 30, 2024 at 03:52PM

Belum ada Komentar untuk "Kebutuhan Papan dalam Islam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel