DBD MEWABAH BUTUH SOLUSI KOMPREHENSIF


DBD MEWABAH BUTUH SOLUSI KOMPREHENSIF

Anna Franicasari
Aktivis Dakwah

Allah menurunkan firman bagi umat-Nya untuk bersuci,kebersihan lahiriah juga termasuk bersihnya lingkungan, selain tubuh muslim itu sendri. Lingkungan yang beragam aktivitas dijalankan tidak akan bersih dengan sendirinya. Alquran memberikan isyarat mengenai alam dan lingkungan dalam konteks kependidikan, dengan menjadikan lingkungan sebagai objek atau bahan belajar yang pada gilirannya dapat mendorong perilaku yang positif dalam menyikapi alam dan lingkungan sebagai bahan bacaan dan objek belajar.Ini artinya, lingkungan menjadi proses pembelajaran bagi manusia yang diberikan amanah untuk menjaga, merawat, dan melestarikan.

Konsep ini bila diterapkan akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan di dalamnya. Sebaliknya, apabila diacuhkan, kebalikannya, akan ada hal yang membahayakan kehidupan manusia. Sejak januari 2024 oleh Dinas Kesehatan Pemprov Jabar, kasus demam berdarah sudah berada pada angka 11.058 kasus. Dari angka tersebut, tercatat ada 96 kasus kematian. Peningkatan saat memasuki musim pancaroba atau seiring dengan masa kembang biak nyamuk. Peningkatan kasus DBD di Jakarta masih dapat terkendali. Kapasitas rumah sakit juga masih mumpuni untuk menangani warga yang terjangkit.PSN gencar dilakukan guna memberantas sarang nyamuk juga mencakup penyuluhan, larvasida, dan fogging. Selama periode januari-februari 2024, sebanyak 4 orang warganya meninggal dunia karena terjangkit DBD setelah menjalani perawatan di rumah sakit.

Menerapkan pola 3M plus untuk mencegah penyakit demam berdarah, yaitu dengan menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, mengubur dan mendaur ulang barang bekas tidak terpakai yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti.

Yunus · Ayat 57

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ مَّوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَشِفَاۤءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوْرِۙ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ ۝٥

Wahai manusia, sungguh telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur’an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi sesuatu (penyakit) yang terdapat dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang mukmin.

Begitu pula kaitannya dengan lingkungan saat ini, di tengah musim hujan dan mewabahnya penyakit-penyakit seperti DBD dan virus zika yang dibawa oleh nyamuk, merupakan dampak dari manusia yang tak membersihkan lingkungan.

Negara beriklim tropis dan subtropis beresiko tinggi terhadap penularan virus tersebut. Hal ini dikaitkan dengan kenaikan temperatur yang tinggi dan perubahan musim hujan dan kemarau disinyalir menjadi faktor resiko penularan virus dengue. Dan upaya yang dilakukan mulai dari pemberantasan sarang nyamuk, pengobatan pasien, hingga sosialisasi pencegahan. Berharap para jumantik dapat mengedukasi masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat serta mensosialisasikan upaya-upaya pencegahan untuk memutus mata rantai hidup jentik nyamuk DBD.Beginilah realita yang terjadi dalam masa kapitalisasi kehidupan. Telah nampak secara jelas betapa bobroknya sistem kapitalis-demokrasi. Adapun demokrasi adalah metode yang batil karena didalamnya diterapkannya sistem voting dimana kebenaran bukanlah parameter.

Yakni dengan memerhatikan faktor lain yang juga menjadi akar persoalan. Diantaranya faktor ekonomi, kualitas fasilitas kesehatan, juga sarana prasarana hidup sehat di lingkungan masyarakat, yang faktanya belum terlalu menjadi prioritas dalam periayahan.Sebagai khalifah yang diberi mandat untuk memakmurkan Bumi, menjaga kesehatan jasmani sangat dibutuhkan dalam menjalankan tugasnya.Pada konteks ini, perintah untuk menerapkan pola hidup sehat dapat ditemui secara implisit maupun eksplisit dalam Al-Qur’an.Produktivitas dan kualitas hidup seseorang sangat ditentukan oleh kesehatan jasmani dan rohani. Keduanya tidak dapat dipisahkan dan saling mempengaruhi antara satu dengan lainnya.

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah ayat 168).

Islam solusi kesehatan dimana sistem Islam, pemerintah bertanggung jawab terhadap semua kebutuhan hajat publik seluruh masyarakat tanpa kecuali. Salah satunya adalah kesehatan, mulai pencegahan hingga pengobatan. Semua solusi yang disebutkan sebelumnya ada didalam Islam, dimana pemerintah tidak akan membiarkan wabah berlangsung lama.

Dengan adanya baitul mall guna menghimpun dana untuk pengobatan hingga sembuh, secara gratis tanpa syarat, tanpa iuran ataupun jaminan asuransi. Melainkan itu bagian dari kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemerintah kepada semua rakyatnya tanpa kecuali. Begitu juga dengan gaji para tenaga medis dan obat. Sudah jelas betapa pentingnya Baitul Mal untuk memenuhi kebutuhan hajat publik semua perlunya menunjukan pemikiran islam di tengah masyarakat. Hal ini tentunya menjadi tantangan sendiri, dan keadaan ini sesungguhnya belum sejalan dengan pokok ajaran dan pemikiran Islam. Ajaran Islam banyak terkait dan relevan dengan keilmuan di bidang kesehatan dan nilai-nilai kesehatan yang bersifat universal.Solusi dari persoalan ini dimulai dari kembali memantapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan. Dan dimulai apa yang dikatakan Rasulullah, menanam pohon pun akan menuai sedekah. Apalagi apabila kerja bakti, tentu akan menuai pahala. Perlu dicatat, segala hal tidak bisa diselesaikan dengan anggaran dinas kebersihan apalagi iuran lingkungan.

Wuallahualam bish-shawwab



from Suara Inqilabi https://ift.tt/7gbCZ0A
April 08, 2024 at 03:03PM

Belum ada Komentar untuk "DBD MEWABAH BUTUH SOLUSI KOMPREHENSIF"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel