Kemanakah Dana Hibah PKBM?


Kemanakah Dana Hibah PKBM?

Juwita

Ibu Rumah Tangga

 

Dana hibah Forum Kegiatan Belajar Masyarakat (FKBM) kabupaten Bandung di duga menjadi ajang korupsi. menurut informasi yang di berikan oleh kepala Bidang Pendidikan non formal (pnf) Agus Drajat dana tersebut telah di transfer melalui rekening Forum dengan peruntukan yang jelas, yakni: peningkatan kapasitas tutor, Pembinaan bakat berprestasi, Peningkatan kapasitas operator, Pembinaan Forum PKBM.

Saat di temui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu Agus Drajat Menegaskan bahwa Danaa tersebut telah disalurkan sesuai dengan tujuan yg telah ditetapkan. namun penlusuran oleh tim media reformasi bangsa. co.id menemui hambatan ketika mencoba menggali Informasi Lebih Lanjut dari ketua Sekretaris, dan Bendahara FKBM. Ketiganya bungkam dan tampak alergi terhadap pertanyaan wartawan, dan mengenai pengunaan dana hibah yg diterima pada bukan Maret 2024 Sebesar 250.000.000,00. Tidak hanya penggunaan dana hibah yg di tutupi jumlah warga belajar pun enggan di ketahui oleh publik.

Hadiah dan hibah yang di asumsikan Sebagai gratifikasi pada dasarnya merupakan perbuatan terpuji namun berujung Pada tindak pidana korupsi apabila berkaitan dengan pejabat, sementara dalam pandangan Islam dan hukum di negara ini pun bersepakat bahwa korupsi perbuatan haram.

Kasus seperti ini sebetulnya bukan ini saja, masih banyak kasus yang serupa dimana ketidakjelasan menggelontorkan dana dan ini membuktikan bahwa visi misi negara sebetulnya tidak jelas, seharusnya negara lebih fokus apa yang sebetulnya masyarakat butuhkan seperti harga pangan murah,lowongan pekerjaan yang mudah, pendidikan,kesehatan dll. Inilah salah satu kesempatan akhirnya praktek korupsi itu terus tumbuh subur di berbagai lembaga negara ini. seperti halnya kasus tersebut apabila penyaluran dana tidak transparansi maka akan memunculkan dugaan Penyalahgunaan dana hibah FKBM yang berujung saling Lempar tanggung jawab. Sehingga awak media terkecoh, Seharusnya Informasi terkait penggunaan Dana hibah FKBM tersebut dapat di akses atau diketahui dengan mudah oleh masyarakat.

Visi misi yang jelas ketika menjalankan roda pemerintahan, memajukan masyarakat, dan rasa takut pertanggungjawaban adalah salah satu ciri pemerintahan Islam, karena dalam sistem Islam berlandaskan aqidah yang akan di pertanggung jawabkan bukan hanya di depan manusia tapi di hadapan Allah juga. Pencegahan dan penanggulangan tindak pidana harus di lakukan dengan pengawasan yang ketat dan memberikan Sanksi yg tegas kepada Para pelaku. Semua itu bisa dilakukan hanya dengan menggunakan hukum Islam yang mampu memberikan efek jera.

Wallahualam bish-shawwab



from Suara Inqilabi https://ift.tt/wQLeCBg
June 29, 2024 at 05:12AM

Belum ada Komentar untuk "Kemanakah Dana Hibah PKBM?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel